Pages

Sunday, April 7, 2013

Dua Nasehat


Dalam sebuah hadis dijelaskan, bahwa nasihat itu ada 2. 

PERTAMA 
Nasihat yang diam, dan kedua nasihat yang berbicara.Adapun nasihat yang diam adalah mati, dan itu adalah hak. Setiap orang pasti akan merasakan kematian, hanya masalah waktu dan tempat saja. Dan apabila kita mati, maka kita akan dimasukan keliang kubur. Kubur merupakan fase awal ketika masuk kekehidupan akhirat. Orang yang beriman dan beramal shaleh akan merasakan luas dan terang didalam kuburnya, bahkan merasakan seperti taman diantara taman-taman surga. Tapi bagi orang yang ingkar dan buruk akhlaknya, akan disempitkan dan digelapkan serta mendapatkan siksaan didalamnya, seolah-olah dia berada di dalam lubang diantara lubang-lubang neraka.Sebaik-baik tetangga Menurut Imam Al-Ghazali adalah kuburan, karena diamnya merupakan nasihat bagi kita.Artinya "Ingatlah wahai manusia, bahwa suatu saat kita pasti akan masuk dimasukan kedalam tanah dengan tanpa teman seorangpun, dan dikubur didalamnya tanpa penerang sdikitpun, melainkan iman dan amal shaleh yang akan menjadi lampu penerang di dalamnya. Sahabat Ustman bin Affan selalu menangis ketika mendengar tentang kubur, 

ketika ditanya kenapa? dia menjawab: "Karena di dalam kubur tidak ada seorang pun teman yang akan menemani dikesunyian". Anak, istri, suami, orang tua, teman, tetangga kerabat, harta, tak ada yang menjadi teman ketika kita memasuki kubur. Ingatlah wahai hati yang keras, sadarlah wahai jiwa yang lalai, tobatlah wahai orang yang lalai, sebelum segalanya terlambat karena kita tidak tahu kapan ajal datang menjemput. 

KEDUA 
Nasihat yang berbicara yaitu Al-Qur'an Kalam Allah SWT yang melalui firman-firman-Nya kita bisa mengambil pelajaran agar direnungkan isinya, sehingga Al-Qur'an benar-benar menjadi petunjuk bagi orang yang beriman dan bertakwa kepada-Nya. Dia menjadi obat bagi siapa saja yang haus akan kebenaran, dia menjadi penenang bagi siapa saja yang kebingungan, dan dia menjadi penerang bagi siapa saja yang berada dalam kegelapan. Dialah pembeda antara yang hak dengan yang bathil, antara yang baik dan yang buruk, antara yang benar dan yang salah, antara iman dan kufur, serta antara hidayah dan kesesatan. SEMOGA KEDUA MENJADI NASIHAT BAGI ORANG YANG BERAKAL DAN MAU MENGAMBIL PELAJARAN DARI KEDUANYA.

0 comments:

Post a Comment