Pages

Sunday, April 7, 2013

tiga amalan utama


Ada tiga amalan utama yang dijelaskan dalam hadis Rasulullah saw yaitu:

1. Shalat pada waktunya. 
Shalat tepat waktu tidak lah mudah bagi orang yang tidak terlatih. Maka shalat tepat waktu merupakan kedisiplinan yang mencerminkan kepribadian seseorang. Apakah dia termasuk orang yang sungguh-sungguh dalam beribadah atau orang yang melalaikan. Shalat merupakan amalan pertama yang akan dihisab nanti pada hari kiamat. Sungguh celaka orang yang melalaikan serta menyia-nyiakan shalat. Semoga kita terhindar dari yang demikian.

2. Berbuat baik pada kedua orang tua.
Ibu adalah yang mengandung dan melahirkan kita. Ayah adalah orang yang selalu menyediakan tenaga dan pikirannya untuk menafkahi keluarga. Maka tidak lah pantas orang yang mendurhakai keduanya serta menyakitinya. Mereka adalah orang yang berjasa dalam membesarkan dan mendidik kita hingga dewasa. Kebaikan apapun yang kita lakukan takkan mampu membayar kebaikan yang telah merekan berikan kepada kita. Semoga kita menjadi manusia yang berbakti kepada keduanya. Amiin.

3. Berjuang sungguh-sungguh dijalan Allah SWT.
Hidup adalah perjuangan. Sedangkan perjuangan membutuhkan kesungguhan dan konsentrasi yang penuh, supaya cita-citanya dapat dicapai dengan sebaiknya. Tanpa kesungguhan maka perjuangan akan sia-sia, sebab tidak akan mencapai hasil yang maksimal. Segala bentuk kegiatan yang diridhai oleh Allah SWT maka lakukanlah dengan sungguh hanya mengharap ridha Allah SWT.

0 comments:

Post a Comment