Pages

Tuesday, September 4, 2012

CARILAH JODOHMU DGN BERCERMIN PADA AKHLAKMU

CARILAH JODOHMU DGN BERCERMIN PADA AKHLAKMU JODOH ??

jika kita mau mencarinya..hakekatnya..Dia..akan menemukanmu jika saja..dirimu..pandai..melakukan sesuatu yg membuat Dia..Datang .artinya..perbaikilah diri sendiri dulu agar Dia suka padamu.dalm arti lain..temukan Dia dalam akhlakmu. jika dlm konteks hablum minannas.aku yakin anda sangat berharap hadirnya seorang calon pasangan hidup..yg baik..beriman dan bertakwa..yg sholeh dan sholehah.tapi terpikirkah anda..bahwa tin gkah laku,adab,lisan,atau akhlak anda diperhatikan pula oleh orang lain utk mengambil keputusan apakah anda layak menjadi insan yg menyenangkan dirinya sebagai teman hidup yg baik dunia dan akherat..Pantaskan diri untk mendapatkan yg lbh pantas.sekali lagi..

Mari kita perbaiki dulu diri seblm kita berharap kemuliaan akhlak org lain Dalam urusan cinta sesama,aku juga berharap seperti anda..namun..tidak..berangan angan tinggi..untuk sesuatu yg baik..sebelum melihat jati diri..(NGACA).jadi..rileks saja..menyikapi..urusan..beginian..tanpa perlu..over.nyak babe bilang.."santai saja nak,jika akhlakmu mengikuti manhaj..maka..dia sendiri yg berharap padamu..tanpa perlu susah payah..cari sana cari sini. laki laki itu umumnya mencari.. ktkanlah..laki laki..itu..berusaha mendekat..tapi..tidakkah..kita berfikir..yg didekati lum tentu suka jika akhlak diri laki laki itu saja tidak benar..iya kan?..
 
wanita itu sipatnya menunggu pinangan..laki laki itu sipatnya mencari siapa yg layak dipinang..jika yg menuggu pinangan..akhlaknya saja..sudah tidak benar..maka laki laki yg sholeh tidak akan menjatuhkan pilihan pada wanita yg demikian.pun sebaliknya satu hal yg umum..wanita itu berharap laki laki sholeh..tp satu hal yg sulit jika si wanita sendiri tidak memperhatikan berangainya.ini yg terkadang tidak disadari..dalam usaha menemukan jodoh yg baik ingatlah,Seberapa jauh pejalanan anda dim hidup ini bergantung pada apakah anda bersikap kasih sayang kpd yg lebih tua.bersimpati kepada yang harus berjuang lebih keras.dan bertenggang rasa kepada yg lemah dan kuat.

Suatu hari di dalam hidup ini.anda akan menjadi salah satu di antaranya. dan satu hal yg perlu juga kita perhatikan..Kita tidak akan sanggup mengekang amarah dan hawa nafsu secara keseluruhan hingga sampai tdk meninggalkan bekas apapun dalam diri kita. Namun jika mencoba untuk mengendalikan keduanya dengan cara latihan dan kesungguhan yang kuat, tentu kita akan bisa. ketahuilah pikiran harus mampu mengendalikan hawa nafsu..bukan sebaliknya hawa nafsu mengendalikan pikiran.dan sesungguhnya..agama ini mengajarkan Akhlak..untuk menuntun hawa nafsu dan amarah dgn kendali iman dan takwa.maka..dalam hubungan dgn lawan jenis..pandai pandailah..menjaga diri..jgn sampai lawan jenis memliki penilaian buruk yg membuat mu..makin..jauh..dgn jodoh.sekalipun itu..bukan..suatu kepastian.

Perhatiakn hal hal berikut ini..sebagai bahan Renungan

I. KHWAN YANG SHOLEH
Ikhwan Sholeh bukanlah dilihat dari bahunya yang kekar, tetapi dari kasih sayangnya pada orang disekitarnya. Ikhwan sholeh bukanlah dilihat dari suaranya yang lantang, tetapi dari kelembutannya mengatakan kebenaran. Ikhwan sholeh bukanlah dilihat dari jumlah sahabat di sekitarnya, tetapi dari sikap bersahabatnya pada generasi muda bangsa. Ikhwan sholeh bukanlah dilihat dari bagaimana dia di hormati di tempat bekerja, tetapi bagaimana dia dihormati di dalam rumah. Ikhwan sholeh bukanlah dilihat dari kerasnya pukulan, tetapi dari sikap bijaknya memahami persoalan. Ikhwan sholeh bukanlah dilihat dari dadanya yang bidang, tetapi dari hati yang ada dibalik itu. Ikhwan sholeh bukanlah dilihat dari banyaknya akhwat yang memuja, tetapi komitmennya terhadap akhwat yang dicintainya. Ikhwan sholeh bukanlah dilihat dari jumlah barbel yang dibebankan, tetapi dari tabahnya dia mengahdapi lika-liku kehidupan. Ikhwan sholeh bukanlah dilihat dari kerasnya membaca Al-Quran, tetapi dari konsistennya dia menjalankan apa yang ia baca.

2. AKHWAT SHOLEHAH Seorang akhwat sholehah bukanlah dilihat dari kecantikan paras wajahnya, tetapi dilihat dari kecantikan hati yang ada di baliknya. Akhwat sholehah bukan dilihat dari bentuk tubuhnya yang mempesona, tetapi dilihat dari sejauh mana ia menutupi bentuk tubuhnya. Akhwat sholehah bukan dilihat dari begitu banyaknya kebaikan yang ia berikan tetapi dari, keikhlasan ia memberikan kebaikan itu. Akhwat sholehah bukan dilihat dari seberapa indah lantunan suaranya, tetapi dilihat dari apa yang sering mulutnya bicarakan. Akhwat sholehah bukan dilihat dari keahliannya berbahasa, tetapi dilihat dari bagaimana caranya ia berbicara. Akhwat sholehah bukan dilihat dari keberaniannya dalam berpakaian tetapi dilihat dari sejauh mana ia berani mempertahankan kehormatannya. Akhwat sholehah bukan dilihat dari kekhawatirannya digoda orang di jalan, tetapi dilihat dari kekhawatiran dirinyalah yang mengundang orang jadi tergoda. Akhwat sholehah bukanlah dilihat dari seberapa banyak dan besarnya ujian yang ia jalani, tetapi dilihat dari sejauhmana ia menghadapi ujian itu dengan penuh rasa syukur. Dan ingatlah… Akhwat sholehah bukan dilihat dari sifat supelnya dalam bergaul, tetapi dilihat dari sejauhmana ia bisa menjaga kehormatan dirinya dalam bergaul. Ada 10 hal untuk juga diperhatikan untuk kebaikan diri 1. Jaga Lidahmu. “Hati itu adalah tempat rahasia dan bibir itu.kuncinya sementara lidah adalah anak kuncinya.Oleh itu hendaklah setiap orang menjaga anak kunci rahsianya ”. 2. Kebaikan Ilmu. “Tidak ada simpanan yang lebih berguna daripada ilmu, tidak ada sesuatu yang lebih beruntung daripada adab, tidak ada kawan yang lebih bagus daripada akal dan tidak ada benda ghaib yang lebih dekat daripada maut ”.

 3. Bandingan Akal Dan Harta. “Akal itu menteri yang menasihat dan harta itu seorang tamu yang akan berangkat”

4. Bandingan Perkataan. “Perkataan itu seperti obat jika engkau gunakan sedikit daripadanya akan memberi faedah, tetapi jika digunakan terlalu banyak akan membahayakan ”

 5. Siarkan Kebaikan Orang. “Apabila engkau berbuat kebaikan sembunyikan,dan apabila orang membuat kebaikan kepadamu hendaklah engkau sebarkan ”

6. Dunia. “Dunia itu awalnya payah, akhirnya binasa,halalnya dihisab dan haramnya diazab”

7. Bala Terhebat. “Manusia yang mendapat sehebat-hebat bala dan paling banyak kesusahan ialah orang yang mempunyai lidah yang terlepas dan hati yang tertutup yaitu dia tidak dapat diam dan tidak pandai memperelokkan kata-katanya ”

8. Bergaullah Dengan Baik. “Bergaullah sesama manusia dengan satu pergaulan yang jika kamu tiada, mereka akan rindu kepada kamu dan jika kamu mati mereka akan menangisimu ”

9. Nasib Si Pemarah Dan Putus Asa. “Tidak akan engkau dapati orang yang pemarah itu senang, tidak yang berakal itu tamak, tidak yang pemurah itu dengk dan tidak yang berputus asa itu kaya ”

10. Sabar. “Kesabarn itu ada dua yaitu sabar menahan sesuatu yang engkau benci dan sabar melepaskan sesuatu yang engkau suka.

Dan yang kedua itu lebih berat atas nafsu Sebagai pelengkap mari kita simak sipat brung merpati.. siapa yg tak tahu burung merpati?

1. Merpati adalah burung yang tidak pernah mendua hati.Coba perhatikan, apakah ada merpati yang suka ganti² pasangan? Jawabannya adalah “tidak”! Pasangannya cukup 1 seumur hidupnya.

Wahai saudaraku..Rasululullah telah bersabda, “Mukmin yang paling sempurna imannya adalah yang paling baik akhlaknya, dan sebaik-baik kalian adalah yang paling baik terhadap istri-istrinya.”
 (HR. At-Tirmidzi no. 1162. Lihat Ash-Shahihah no. 284)

Ia tak berkeinginan untuk berpaling kelain hati,saling menjaga keutuhan rumah tangga dgn cara dan akhlak yg sholeh dan solehah “Seseorang cukup dianggap berdosa apabila ia menyianyiakan orang yang harus diberi belanja.” (HR. Bukhari dan Muslim).

“Dan kewajiban ayah memberi makan dan pakaian kepada para ibu dengan cara yang ma’ruf.”
(Q.S. Al Baqarah : 233).

Sedangkan hak mereka (istri istri) yang harus kalian penuhi adalah kalian memberikan pakaian dan makanan kepada mereka dengan baik.”
 (HR. Tirmidzi (II/204) (Adabuz Zifaf hal. 238). “

Saling memberi hadiahlah kalian niscaya kalian akan saling cinta mencintai.” (
HR. Bukhari dalam Adabul Mufrad, dihasankan oleh Al Albani).

2. Merpati adalah burung yang tahu kemana dia harus pulang. Betapapun merpati terbang jauh, dia tidak pernah tersesat untuk pulang.

Pernahkah ada merpati yang pulang ke rumah lain? Jawabannya adalah “tidak”! Wahai saudaraku..jika kita mengenal dgn baik akidah mengenal dgn baik arti sebuah tanggung jawab tidaklah seseorg itu berfikir untuk melakukan hal hal yg bukan tidak bermanpaat diluar tanggung jawabnya..

Sabda Rasulullah Saw.: “Setiap kalian adalah pemimpin dan bertanggungjawab atas apa yang dipimpinnya. Imam adalah pemimpin dan bertanggung jawab atas apa yang dipimpinnya. Lelaki adalah pemimpin di rumah tangganya dan ia bertanggung jawab atas apa yang dipimpinnya. Perempuan adalah pemimpin di rumah suaminya dan bertanggung jawab atas apa yang dipimpinnya”.
  (HR Bukhari)

Rasulullah SAW bersabda : Hak seorang anak atas orang tuanya adalah mendapatkan nama yang baik, pengasuhan yang baik, dan adab yang baik

‘Barangsiapa yang mengabaikan pendidikan anak, maka ia telah berbuat jahat secara terang-terangan ’ Ibnu Qayyim. Tiada pemberian seorang bapak terhadap anak-anaknya yang lebih baik dari pada (pendidikan) yang baik dan adab yang mulia.’ (HR At-Tirmidzy)

“Dan para istri mempunyai hak yang seimbang dengan kewajiban mereka menurut cara yang ma’ruf.” (Al-Baqarah: 228)

Rasulullah SAW bersabda : Hak seorang anak atas orang tuanya adalah mendapatkan nama yang baik, pengasuhan yang baik, dan adab yang baik ‘Barangsiapa yang mengabaikan pendidikan anak, maka ia telah berbuat jahat secara terang-terangan ’ Ibnu Qayyim.

Tiada pemberian seorang bapak terhadap anak-anaknya yang lebih baik dari pada (pendidikan) yang baik dan adab yang mulia.’ (HR At-Tirmidzy) “
Dan para istri mempunyai hak yang seimbang dengan kewajiban mereka menurut cara yang ma’ruf.”
Al-Baqarah: 228)

Adh-Dhahhak rahimahullahu berkata menafsirkan ayat di atas, “Apabila para istri menaati Allah Subhanahu wa Ta’ala dan menaati suami-suami mereka, maka wajib bagi suami untuk membaguskan pergaulannya dengan istrinya, menahan dari memberikan gangguan/menyakiti istrinya, dan memberikan nafkah sesuai dengan kelapangannya.
”(Jami’ul Bayan fi Ta`wilil Qur`an/Tafsir Ath-Thabari, 2/466)

3. Merpati adalah burung yang romantis.
Coba perhatikan ketika sang jantan bertalu-talu memberikan pujian, sementara sang betina tertunduk malu. Pernahkah kita melihat mereka saling mencaci? Jawabannya adalah “tidak”!

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda “Sebaik-baik kalian adalah yang paling baik terhadap keluarganya (istrinya). Dan aku adalah orang yang paling baik di antara kalian terhadap keluarga (istri)-ku.” Termasuk akhlak Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam, beliau sangat baik pergaulannya dengan para istrinya. Wajahnya senantiasa berseri-seri, suka bersenda gurau dan bercumbu rayu dengan istri, bersikap lemah-lembut terhadap mereka dan melapangkan mereka dalam hal nafkah serta tertawa bersama mereka. Sampai-sampai, beliau pernah mengajak ‘Aisyah Ummul Mukminin radhiyallahu ‘anha berlomba (lari), dalam rangka menunjukkan cinta dan kasih sayang beliau terhadapnya.”
(Tafsir Ibnu Katsir, 2/173)

 4. Burung merpati tahu bagaimana pentingnya bekerja sama. Coba perhatikan ketika mereka bekerja sama membuat sarang. Sang jantan dan betina saling silih berganti membawa ranting untuk sarang anak² mereka. Apabila sang betina mengerami, sang jantan berjaga diluar kandang. Dan apabila sang betina kelelahan, sang jantan gantian mengerami. Pernahkah kita melihat mereka saling melempar pekerjaannya? Jawabannya adalah “tidak”! satu tubuh. Jika satu bagian merintih merasakan sakit, maka seluruh bagian tubuh akan bereaksi membantunya dengan berjaga ( tidak tidur ) dan bereaksi meningkatkan panas badan ( demam ) "

5. Merpati adalah burung yang tidak mempunyai empedu, ia tidak menyimpan kepahitan sehingga tidak pernah menyimpan dendam. Dalam Al-Quran Allah berfirman yang artinya: "Dan janganlah kamu iri hati terhadap apa yang di karuniakan Allah kepada sebagian kamu lebih banyak dari sebagian yang lain. (karena) bagi seorang laki-laki ada bagian daripada apa yang mereka usahakan, dan bagi para wanita (pun) ada bagian dari apa yang mereka usahakan, dan mohonlah kepada Allah yang maha mengetahui segala sesuatu. (An-Nisa: 32). Dendam dalam bahasa Arab di sebut hiqid, ialah "Mengandung permusuhan didalam batin dan menanti-nanti waktu yang terbaik untuk melepaskan dendamnya, menunggu kesempatan yang tepat untuk membalas sakit hati dengan mencelakakan orang yang di dendami".

Berbahagialah orang yang berlapang dada, berjiwa besar dan pema 'af Tidak ada sesuatu yang menyenangkan dan menyegarkan pandangan mata seseorang, kecuali hidup dengan hati yang bersih dan jiwa yang sehat, bebas dari rasa kebingungan dan bebas dari rasa dendam yang senantiasa menggoda manusia. Seseorang yang hatinya bersih dan jiwanya sehat, ialah mereka yang apabila melihat sesuatu nikmat yang diperoleh orang lain, ia merasa senang dan merasakan karunia itu ada pula pada dirinya.

Dan apabila ia melihat musibah yang menimpa seseorang hamba Allah, ia merasakan sedihnya dan mengharapkan kepada Allah untuk meringankan penderitaan dan mengampuni dosanya. Demikianlah seorang muslim, hendaknya selalu hidup dengan hati yang bersih dan jiwa yang sehat, rela terhadap ketentuan Allah dan terhadap kehidupan. Janganlah kamu putus hubungan, belakang membelakangi, benci membenci, hasut menghasut. Hendaknya kamu menjadi hamba Allah yang bersaudara satu sama yang lain (yang muslim) dan tidaklah halal bagi (setiap) muslim mendiamkan saudaranya lebih dari tiga hari". (HR. Bukhori dan Muslim). Jika seekor burung merpati bisa melakukannya, mengapa manusia tidak bisa? Hidup itu indah jika kita saling mengerti, berbagi, dan menghargai….

 CARILAH JODOHMU DGN BERCERMIN PADA AKHLAKMU

0 comments:

Post a Comment